Rabu, 04 April 2012

android tumbuh cepat di indonesia







Meskipun BlackBerry masih menjadi smartphone favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia, tetapi smartphone berbasis Android kini mulai membayang-bayanginya. Lembaga riset international data corporatiuon menyatakn smartphone dengan sistem operasi dari Google itu mengalami pertumbuhan paling pesat pada kuartal terakhir 2011. Pengiriman smartphone Android ke Indonesia tumbuh 22 persen secara berurutan.

Alasan peningkatan ini dipicu oleh semakin banyaknya vendor yang mengadopsi Android, baik vendor lokal maupun global. Selain itu, munculnya smartphone Android dengan kisaran harga Rp 1,2 juta, menarik perhatian masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk membelinya. Menurut Darwin Lie, Associate Market Analyst for Client Devices Research IDC Indonesia, kemungkinan besar Android akan mendominasi pasar smartphone di kuartal berikutnya.

Terlebih, Samsung sebagai vendor Android terbesar sangat agresif mempromosikan smartphone Android-nya. Di kuartal IV-2011, total pengiriman smartphone dari Samsung naik 116 persen secara berurutan. Secara keseluruhan, pengiriman telepon seluler ke Indonesia pada kuartal IV-2011, naik 43 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah itu didominasi oleh feature phone.

Ponsel low-end yang dibekali fitur TV dan kartu SIM ganda, menurut IDC, membantu mempertahankan tingginya volume pengiriman ponsel di Indonesia sepanjang 2011. Kendati demikian, pengirimannya feature phone turun 4 persen.
Sementara untuk smartphone, pengiriman pada kuartal IV-2011 tumbuh 28 persen secara berurutan atau tumbuh 61 persen dari tahun sebelumnya.

5 Kategori Aplikasi Paling Populer di Android
AppBrain, sebuah direktori aplikasi Android, mempunyai data yang menarik tentang kategori aplikasi apa yang paling populer di toko aplikasi Android, Google Play (dulu namanya Android Market).

Di Google Play, banyak kategori aplikasi yang tersedia dan dari sekian banyak kategori aplikasi yang ada terdapat beberapa yang sangat populer di kalangan pengguna.

Berikut adalah daftar 5 kategori aplikasi yang populer di Google Play yang diurutkan berdasarkan total aplikasi dengan jumlah download di atas 50.000 di kategori tersebut:
        Entertainment, kategori ini mempunyai sekitar 2346 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali.
Beberapa contoh aplikasinya adalah Easy MP3 Music Download Pro, 9GAG (free), Movies by Flixster, Talking Puppy, dan MP3 Ringtone Maker.
        Tools, kategori ini mempunyai sekitar 2153 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali.
Beberapa contoh aplikasinya adalah Tiny Flashlight + LED, Easy Battery Saver, Easy Task Killer Advanced, Onavo | Monitor Data Usage, Adobe Flash Player 11.
        Personalization, kategori ini mempunyai sekitar 1510 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali.
Beberapa contoh aplikasinya adalah Zedge Ringtones & Wallpapers, PicSpeed HD Wallpapers 170,000, ICS Theme Go Launcher Ex, Windows 7 GO Launcher EX Theme, Exodus Live Wallpaper.
        Arcade & Action Game, kategori ini mempunyai sekitar 1347 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali.
Beberapa contoh aplikasinya adalah Airport City, Ceramic Destroyer, Cartoon Wars, ZENONIA 4, My Railway.
        Casual Game, kategori ini mempunyai sekitar 1197 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali.
Beberapa contoh aplikasinya adalah Bubble Shoot, The Oregon Trail: Settler, Smurfs
Village, STARDOM: THE A-LIST, Tap Fish.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
simple, kadang nyebelin, kadang menyenagkan, sedikit pemalas tapi bertanggung jawab