Kamis, 21 Maret 2013

TEORI ORGANISASI UMUM 2



Nama  : DHANY WIDYANTO
Npm    :  11111983
Kelas   : 2KA31

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 2
1. Penentuan harga permintaan&pemasaran
2. Perilaku konsumen
3. perilaku produsen
4. kepemimpinan gaya kepemimpinan


1.  
v PENENTUAN HARGA PERMINTAAN

ΓΌ Definisi Harga
Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangikeuntungan yang dapat diperoleh organisasi Perusahaan

v Tujuan Penentuan Harga

 1)     Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya
 2)     Mempertahankan perusahaan.
 3)     Meraih ROI (Return on Investment).
 4)     Menguasai Pangsa Pasar
 5)     Mempertahankan status quo





v  Pendekatan Dalam Penentuan Harga 
Ada tiga pendekatan dalam penentuan harga : pendekatan supply dan demand, pendekatan yang berorientasi ke biaya, dan pendekatan pasar. Meskipun ketiganya berbeda, tapi pada prinsipnya mereka saling melengkapi. Dengan ketiga alat tersebut, perusahaan dijamin bahwa harga yang ditentukan akan menutupi biaya, menghasilkan keuntungan, dan citra produk yang baik pada konsumen.

v  Pengertian Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan :
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga barang lain yang berkaitan
3. Tingkat pendapatan
4. Selera konsumen.

v  Pengertian Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:
1. Harga barang itu sendiri.
2. Harga sumber produksi
3. Tingkat Produksi.
4. Ekspektasi/perkiraan


2.  Perilaku konsumen adalah suatu proses atau aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan melakukan pencarian,pemilihan,pembeliaan,penggunaan serta mengevaluasi suatu produk dan jasa dalam memenuhi suatu kebutuhan serta keinginan si pembeli. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk memenuhi keputusan barang yang akan dibeli. Untuk suatu barang berharga dengan harga jual yang rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sebaliknya untuk suatu barang berharga dengan harga jual yang tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.


3.  Perilaku produsen adalah Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau yang sering kita sebut pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari peluang perkerjaan yang menguntungkan untuk diri sendiri maupun orang lain dan mengambil risiko seperlunya untuk merencanakan dan mengelola suatu bisnis.
Pengusaha berbeda dengan pemilik bisnis kecil ataupun manajer. Bila hanya memiliki sebuah usaha dan hanya berusaha mencari keuntungan, maka orang itu barulah sebatas pemilik bisnis. Bila orang itu hanya mengatur karyawan dan menggunakan sumber daya perusahaan untuk usaha, maka orang itu disebut sebagai manajer. Pengusaha lebih dari keduanya. Pengusaha berusaha mendirikan perusahaan yang menguntungkan, mencari dan mengelola sumber daya untuk memulai suatu bisnis.
Supaya berhasil seorang pengusaha harus mampu melakukan 4 hal sebagai berikut :
a. Perencanaan. Perencanaan antara lain yang terkait dengan penyusunan strategi, rencana bisnis, serta visi perusahaan. Ia harus tau apa yang ingin ia capai dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut.
b. Pengorganisasian. Semua sumber daya yang ada harus bisa ia kelola untuk mencapai tujuan perusahaannya, baik sumber daya, modal, maupun manusia.
c. Pengarahan. Agar rencana bisa terwujud, seorang pengusaha wajib mengarahkan dan membimbing anak buahnya supaya apa yang telah direncanakan bisa berjalan dengan baik
d. Pengendalian. Kemampuan ini ada hubungannya dengan bagaimana hasil pelaksanaan kerja tersebut. Apakah sesuai dengan rencana atau justru sebaliknya.

4. Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang yang bertujuan mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan serta kesepakatan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan apa yang diinginkan pihak lainnya.

Gaya kepemimpinan adalah suatu cara yang digunakan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi perilaku orang lain. Gaya kepemimpinan merupakan norma perilaku yang dipergunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain. Masing-masing gaya tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan. Seorang pemimpin akan menggunakan gaya kepemimpinan sesuai kemampuan dan kepribadiannya. Setiap pimpinan dalam memberikan perhatian untuk membina, menggerakkan dan mengarahkan semua potensi pegawai di lingkungannya memiliki pola yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya . Perbedaan itu disebabkan  oleh gaya kepemimpinan yang berbeda-beda pula dari setiap pemimpin. Kesesuaian antara gaya kepemimpinan, norma-norma dan kultur organisasi dipandang sebagai suatu prasyarat kunci untuk kesuksesan prestasi tujuan organisasi.
Read More ->>
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
simple, kadang nyebelin, kadang menyenagkan, sedikit pemalas tapi bertanggung jawab